Selasa, 05 November 2013

Batavus Onthel



Sepeda  Batavus
Ref: de oud fiets Batavus Specail Edition
Disadur oleh Payasa Ketua Paguyuban Onthel Piets Taman Mini

http://spedaontel.files.wordpress.com/2011/08/batavus.jpg?w=640
Tulisan ini disajikan untuk memperingati 63 tahun serangan Oemoem 1 Maret 1949  dipimpin oleh Letkol Soeharto yang pada waktu itu sebagai Komandan Brigade X/Wehrkreis III. Sepeda merk Batavus pernah digunakan oleh tentara-tentara Indonesia yang ikut berjuang untuk mempertahankan Kemerdekaan Indonesia dan untuk membuktikan kepada dunia Internasional bahwa TNI  berarti juga Republik Indonesia masih ada dan cukup kuat.

Tak kenal maka tak sayang.
Produksi sepeda  merk Batavus sangat terbatas namun sejak awal tahun empatpuluhan sepeda Batavus memproduksi besar-besaran sepeda sport dan terbukti sangat sukses. Sepeda Batavus termasuk sepeda yang berkualitas baik namun merk Batavus kurang diminati dan disukai oleh para penggemarnya dengan alasan kurangnya desain ke-khas-an sepeda Belanda.

Sejarah Perusahaan Sepeda Batavus.
Pada tahun 1909 Andries Gaastra mendirikan perusahaan sepeda onthel di pusat kota Friesland Heerenveen Belanda dan pada tahun yang sama Gaastra menjadi Importir sepeda yang sukses. Pada tahun 1913 Gaastra mulai merakit sepeda sendiri dengan nama Batavus dan merk ini baru dikenalkan pada dunia tahun 1916 dan pada tahun 1924 merk Batavus resmi mendapat lisensi dari Pemerintah Belanda.
Pada tahun 1945 Gaastra meninggal dunia dan perusahaan Batavus diteruskan oleh anaknya yang bernama Hans Gaastra namun karena situasi tidak menentu dan karyawannya banyak yang pindah ke perusahaan lain (Simplek dan Gazelle) akhirnya perusahaan Batavus lambat laun terhenti dan pada tahun 1948 Perusahaan ini tutup karena krisis bahan baku. Dmikian semoga bermanfaat, terimakasih salam Onthelis, Payasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar